9:30:00 AM
11
Postingan kali ini kita bahas tentang cara setting DNS di spanel, karena server web sederhana ini menggunakan provider dari masterweb.net, maka yang di tampilkan adalah apa adanya dari masterweb.
Untuk mengatur DNS biasanya ketika akan memasukan sebuah code untuk setting nama domain pada saat pertama kita daftar domain tanpa hosting alias parking domain, atau bisa juga setting email pada records MX, Records TXT, Records CName supaya si Email tadi diterima di server hosting tersebut, maksudnya email apaan sih.. ? itu loh kalau kita mau daftar email dengan nama domain sendiri di google apps. walaupun saat ini tidak gratis lagi, tapi mudah2an setting dns ini bermanfaat untuk semuanya karena ternyata selain google apps ada lagi yang namanya tempat untuk bikin email dengan nama domain sendiri secara gratis, (Tunggu di postingan selanjutnya.. ).
Untuk yang belum punya Domain dan ingin beli domain sendiri Masuk saja ke web resminya Masterweb Disini.

Untuk masuk ke spanel sangatlah mudah sekali, kita tinggal ketik nama domain/spanel seperti berikut ini namadomain.com/spanel, nanti akan muncul seperti tampilan berikut ini.
spanel
 Kemudian Masukan User Name dan kata sandi yang kita punya. Klik login maka akan tampil seperti penampakan berikut ini

mx

Didalamnya akan terlihat kolom kolom sesuai dengan nama dari record tersebut, biasanya ada yang namanya "HOST" , "Preferensi", dan lain sebagainya.
Nah kolom kolom tersebut harus diisi nantinya oleh code yang di kasih oleh google apps atau yang sejenisnya. kita ambil contoh ketika kita daftar domain atau beli domain tanpa hosting, maka pada saat kita setting di blogspot akan tampak seperti ini.
domain
Klik +add custom domain kemudian akan tampil seperti ini

domain
Ketik nama domain punya kita kemudian klik setting intructions maka akan muncul seperti ini
MX dan Cname

Perhatikan yang di coret merah, itu adalah code-code untuk dimasukan pada records MX dan TXT.
Kita masuk ke spanel, caranya dah tahu kan?.. Lihat ke atas brow..!
Masukan code-code tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh mbah google, jika merasa kesulitan minta bantuan sama technical support dari provider web hosting kita.
Semoga bermanfaat.