2:05:00 PM
2
Bagi para blogger yang suka bikin tutorial yang disertai dengan screenshot atau gambar pasti kenal dengan namanya printscreen kan? atau untuk sekedar mengingatkan posisinya ada di pojok kanan dari keyboard ada tulisan 'prt sc'
kalau kita tekan itu maka tampilan layar di monitor bisa kita ambil sebagai gambar atau biasa dibilang para webmaster dengan nama screenshot.
ada beberapa langkah yang biasa digunakan dalam mengambil screenshot tersebut.
Caranya adalah misalkan kita mau mengambil gambar atau tampilan yang ada di layar monitor desktop
Langkah pertama kita tekan tombol prt sc di keyboard kemudian untuk menampilkan hasil dari screenshot setelah menekan tombol 'prt sc' maka kita harus membuka pendukungnya dan paste kan di dalamnya biasanya sih bisa pakai paint, photoshop, coreldraw, atau pengubah gambar yang lainnya sesuai selera, lalu save as atau kalau di coreldraw harus pilih export dan simpan dengan format JPG, PNG, GIF atau yang lainnya sesuai selera dan kebutuhan masing- masing.

Halaaahhh ribet banget yah..?

Santai brow, semua pasti diberikan kemudahan sesuai dengan amal ibadahnya masing2.. (hahaha..gak deh..) yang penting di PC atau laptop kita sudah terinstal yang namanya printscreenpro gadwin. download di website resminya Gadwin Preentscreen professional disini >>
Kalau sudah di download pastinya harus di instal brow.. (cara instal seperti biasa pasti sobat blogger sudah tahu cara instal yang baik dan benar)
Jika sudah di instal maka kita harus sedikit modifikasi supaya memudahkan kita dalam mengambil screenshot nya. modifikasinya gak sulit (kali ini ada petunjuk gambarnya bang brow..) perhatikan gambar dibawah ini.
Printscreen pro

Langkah pertama kita pilih "Preferences" kemudian ada yang namanya hot key (fungsinya adalah tombol untuk memilih tampilan mana yang akan kita screenshot.
kemudian pada barsi "Initial delay before capture (1-60sec) pilihlah angka 1 (1 detik proses dari screenshot tersebut) kalau saya sih pilih 'F1'

Langkah kedua pada pilihan 'Source' kita pilih "Rectangular Area" (fungsinya untuk memilih area yang akan di screenshot.

Langkah ke tiga pilihan 'destination' kita pilih atau centang "copy captured area to file"
Untuk "automatic naming" terserah bisa dirubah sesuai selera. "Capture Directory" untuk menyimpan hasil screenshot tadi bang brow.

Langkah ke empat Pilih "Image" usahakan sesuai dengan gambar yang ada dibawah ini, karena menurut saya ini ukuran standard.

Kalau pilihan "Resources" ada di proses setelah instalasi sebelum kita menggunakan printscreenpro gadwin ini. kenapa? perhatikan dulu tampilan dibawah ini.
printscreen pro

Serial Number :
Sudah Fullversion bang brow.. Bagi yang mau serial number dan username nya saya kasih FREE, bisa secara pribadi kirim email atau lebih enak SMS aja, bisa juga kirim pesan di facebook pribadi saya atau kalau mau telpon juga boleh.. (kalau kirim email jangan lupa konfirmasi yah bang brow)
NB. Karena saya jarang Online, Maka kalau sedikit telat replay nya harap maklum yah..

Semoga bermanfaat.. tengkyu...