Join pngtree

9:36:00 PM
0
Teknologi VPN atau virtual Private Network menyediakan sarana sehingga proses transmisi data akan aman antara dua perangkat melewati medium yang tidak aman. VPN juga merupakan salah satu cara proteksi data pada jaringan wireless.
VPN bekerja dengan cara membuat tunnel pada bagian atas protokol IP. Trafik didalam tunnel terenskripsi dan terisolasi sepenuhnya seperti terlihat pada gambar.
vpn network
setting
Teknologi VPN menyediakan tiga level keamanan yaitu
  • User Authentication
  • Enkripsi (Enchryption)
  • Data Autentication
User Authentication Memastikan bahwa hanya user terautentikasi yang bisa melakukan koneksi, mengirim dan menerima data melewati jaringan wireless.
Encryption menawarkan proteksi tambahan menjamin bahwa transmisi dapat ditangkap tapi tidak dapat dilakukan dengan coding tanpa waktu dan usaha yang tepat.
Authentikasi data / Data autentication menjamin integritas data dan menjamin bahwa trafik berasal dari perangkat yang terautentikasi.
Dalam mengaplikasikan VPN untuk wireless membutuhkan pendekatan berbeda dibandingkan dengan wired network karena Fungsi repeater dari wireless LAN yang berkomunikasi bersama antara jaringan wireless yang sama.
Selain itu Jangkauan wireless nampaknya meluas melebihi batas fisik sebuah kantor atau rumah sehingga memberikan sarana kepada penyusup dalam membahayakan jaringan.