Join pngtree

12:12:00 PM
5
Kali ini kita bicarakan tentang cara membuat Email gratisan mungkin seru kali yah..? hah,gak salah tuh,  itu sih semua juga sudah pada tahu cara membuatnya.. Yahoo, gmail, hotmail dan sejenisnya itu baru semua sudah pada tahu kan?.
Tapi Email yang ini lain apabila kita sudah memiliki domain sendiri supaya bisa terlihat berbayar padahal gratisan walaupun tanpa hosting atau disebut parking domain yang hanya membeli nama domain nya saja tanpa email yang diberikan oleh penyedia servernya. (ssstt, seperti domain saya ini hanya membeli nama domainnya saja..)
Mungkin dahulu kala (saking sudah lamanya brow), google apps menjadi alternatif untuk membuat email dengan nama domain sendiri secara gratis, tapi sayangnya saat ini google apps tidaklah gratis lagi, jangan tanya alasannya kenapa pada saya yah, mendingan cari tahu alasannnya tanya ke mbah googlenya sendiri.
Ayo kita cari alternatif gratis nya saja apabila kita ingin membuat email dengan nama domain sendiri, seperti contoh email saya indra@cobadibaca.com yang ternyata gratisan dengan quota cukup besar yakni 5 GB per user..hehe, mantap kan..?
Ada yang sudah tahu tentang Zoho mail ?, Zoho mail adalah salah satu penyedia jasa untuk membuat email sendiri sama halnya google apps dahulu kala, nah jika sudah pada ngerti apa itu zoho mail, saatnya sekarang kita buat email tersebut,
Sangat mudah itu yang pertama saya katakan, prosesnya saya kasih tahu dibawah ini.
Kunjungi website resminya Zoho Mail disini. Tampilannya seperti gambar di bawah ini
zoho mail
Pilih paket free saja Pada paket yang bertuliskan “Lite“, kemudian klik “Sign Up“.
Masukkan nama domain teman-teman,seperti gambar di bawah ini
domain

Kalau sudah jangan lupa klik “Add Domain“.

Isi formulir pendaftaran yang disediakan secara lengkap, seperti contoh gambar dibawah ini.

zoho mail
Kemudian klik “Sign Up“.

Jika formulir diisi secara lengkap, maka berarti Pendaftaran sudah sukses! lihat penampakan seperti ini

email

Langkah selanjutnya dengan klik “Proceed to verify domain ownership“. Maksudnya adalah kita harus memverifikasi pendaftaran email yang akan kita buat kepada provider hosting dimana domain kita dibeli. Lagkahnya sangat mudah kan?

Oke saya kira untuk proses MX records ini sudah pada ngerti deh yah? bagi yang masih bertanya cara settingnya silahkan masuk ke postingan saya yang sebelumnya Cara Setting Spanel untuk Custom Domain dan Email.
Kita lanjutkan apa yang harus di tambahkan dalam MX Records tersebut?, jika Kita sudah klik yang namanya "Proceed to verify domain ownership", maka kita akan diberikan sebuah code yang nantinya kita masukan pada record MX di spanel, Lihat contoh gambar berikut ini.

provider
Pada bagian choose kita pilih other apabila provider kita tidak tercantum di situ.
Selanjutnya Klik "Verify"

kita tinggal sedikit setting MX records nya saja Sudah pada tahu kan, Pada browser mozila kemudian ketik di address bar namadomain.com/spanel maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. saatnya kita masuk ke bagian spanel yah bang brow.
Untuk cara setting records MX ini mungkin sedikit berbeda untuk tiap provider tapi intinya pasti sama saja.

Dan inilah hasil email gratis yang saya bikin indra@cobadibaca.com, sebenarnya ada 5 user email yang gratis diberikan dengan kapasitas 5 GB per user, tapi untuk sementara ini saya coba satu dulu, karena kebanyakan email malah bingung brow.
mail

Demikianlah cara membuat email Gratis dengan nama domain di Zoho Mail.
Semoga bermanfaat.